Jenis perbaikan di bengkel mobil Makassar bisa bermacam-macam, mulai dari perbaikan body dan sasis, mesin, sistem elektrik, onderstel, hingga pengecatan dan pengelasan mobil.
Mendatangi bengkel mobil Makassar adalah salah satu cara terbaik untuk melakukan perawatan rutin kendaraan kesayangan. Namun, banyak yang merasa bingung akan dibawa kemana mobil tersebut saat tiba waktunya servis rutin.
Setidaknya, ada dua jenis pilihan bengkel mobil Makassar yang bisa Anda pilih, yaitu bengkel resmi dan bengkel umum (nonresmi).
Sebagaimana namanya, bengkel resmi merupakan milik dealer atau agen pemegang merek (APM) penjual mobil. Artinya, bengkel resmi hanya melayani kendaraan dengan merek yang mereka jual.
Bengkel resmi memiliki tenaga ahli kompeten karena telah diberikan pelatihan khusus sesuai bidangnya. Jenis-jenis montir di bengkel resmi biasanya meliputi montir perbaikan umum (general repair), mandor perbaikan umum (foreman general repair), dan penasihat layanan (service advisor).
Contoh bengkel mobil Makassar resmi misalnya:
Bengkel umum disebut tidak resmi karena tidak memiliki afiliasi dengan APM atau dealer mobil tertentu. Berbeda dengan bengkel resmi, bengkel umum ini sanggup melayani berbagai jenis dan merek mobil.
Meski tidak resmi, bukan berarti bengkel umum tidak bagus. Malah banyak yang memilih bengkel umum karena biasanya mereka memiliki suku cadang yang beragam dan lokasinya yang mudah ditemukan.
Berikut ini contoh bengkel umum.
Ada beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan jika melakukan servis di bengkel resmi, di antaranya:
Namun, bengkel resmi juga punya kekurangan terutama masalah tarifnya. Bukan lagi rahasia jika tarif perbaikan dan perawatan mobil di bengkel resmi lebih mahal dibandingkan bengkel umum. Untuk itu, jika ingin melakukan perbaikan di bengkel resmi, pastikan Anda punya asuransi kendaraan
Meskipun pasti tidak memiliki ikatan kerjasama dengan merek kendaraan tertentu, bukan berarti bengkel umum itu tidak bagus, lho. Yuk kenali kelebihan bengkel umum sebagai berikut.
Namun, tidak ada jaminan teknisi di bengkel umum memang benar-benar ahli di bidangnya. Sebagian besar teknisi di bengkel nonresmi tidak diberikan sertifikat walaupun mereka benar-benar ahli, kecuali memang mereka pernah mengikuti pelatihan khusus sebelumnya.
Meski begitu, tidak sedikit juga bengkel umum memberikan kualitas tidak jauh berbeda dengan bengkel resmi.
Lantaran harga mobil bukanlah angka yang sedikit, maka ada perbaikan yang harus dilakukan agar kondisi kendaraan tetap layak digunakan
Ada beberapa alasan yang membuat Anda harus rutin servis di bengkel mobil Makassar, antara lain:
Lalu, kapan sebaiknya kendaraan Anda mulai diservis? Nah, untuk mengetahuinya Anda harus mengenal dulu jenis-jenis servis mobil berkala. Setelah itu, perbaikan mobil juga dilakukan sesuai permasalahan pada kendaraan. Berikut ini penjelasannya
Pada saat mobil mencapai jarak 5.000 km ada beberapa komponen yang harus diganti. Masa 5.000 km atau kurang lebih selama 3-4 bulan, mobil juga harus mendapatkan perawatan berkala.
Biasanya komponen yang dicek hampir sama seperti 1.000 km. Bedanya di 5.000 km ini oli pada mesin mobil akan dianjurkan untuk diganti.
Selain itu, bagian kampas rem, sistem steering, hingga cairan yang ada pada mobil juga akan mendapatkan pengecekan.
Pada saat mengganti oli mesin, biasanya dibarengi dengan penggantian filter oli. Biasakan mengganti filter oli agar sirkulasi tetap terjaga.
Pihak bengkel biasanya akan melakukan pembersihan, pengecekan pada komponen yang ada di mesin pada saat melakukan servis di 10.000 km pertama.
Ada beberapa komponen yang wajib dicek, seperti oli-oli pada mesin. Dimulai dari oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli power steering, air radiator, dan kopling.
Hal lain yang akan dilakukan adalah mengecek aki, sistem kemudi, tekanan angin, pembersihan filter udara, pengecekan idle mesin dan pengecekan baut pada roda.
Setelah mobil mencapai 10.000 km, maka servis berkala selanjutnya yang akan dikerjakan adalah di interval 15.000 km
Item-item yang dilakukan pengecekan sama seperti saat servis berkala 5000 km yaitu, penggantian oli mesin kendaraan dan pengecekan baut kolong, fluida dan minyak-minyak, air radiator, suspensi (sama seperti servis 1000 km)
Selain itu lakukan juga pada servis kelipatan 15000 km, 25000 km, 45000 km dan seterusnya
Pemilik mobil juga wajib melakukan servis berkala saat penggunaan mencapai usia 1 tahun. Umumnya, servis berkala ini sudah mencapai jarak tempuh 20.000 km.
Karena itu, servis biasanya cukup besar dan membutuhkan waktu sedikit lebih lama karena komponen yang akan dicek dan dibersihkan juga semakin banyak.
Servis berkala 20.000 km dilakukan mulai dari pembersihan saringan udara, pengecekan rem pada semua roda, pengecekan dan penyetelan klep, pembersihan throttle body, kalibrasi idle, penggantian filter AC, penggantian busi hingga balancing dan spooring serta rotasi ban menyilang.
Biasanya masa ini adalah masa terakhir saat gratis biaya jasa yang diberikan oleh pabrikan otomotif. Setelah mobil lebih dari 1 tahun, para pemilik biasanya akan membayar biaya jasa pada saat melakukan servis.
Tune up adalah bentuk perawatan mobil yang dijadwalkan secara rutin tiap satu tahun sekali untuk mempertahankan performa mobil.
Melakukan tune up ini bisa dilakukan di bengkel resmi maupun di bengkel umum.
Jenis servis tune up secara umum mencakup penggantian beberapa komponen pada mobil. Misalnya, filter udara harus diganti setidaknya satu tahun sekali. Tune up juga dapat diikuti dengan mengganti beberapa komponen penting pada mesin.
Seperti mengganti kabel busi, busi, filter bahan bakar, dan penyetelan sensor oksigen pada mobil
Ada juga beberapa hal yang bisa dilakukan saat melakukan tune up pada mesin mobil. Seperti membersihkan injektor, membersihkan karburator, memakai cairan pembersih pada sistem bahan bakar, atau memasukkan cairan pembersih pada tangki bahan bakar.
Pernah melihat kap mesin ngebul? Ya, itu ciri-ciri mobil yang mengalami overheating. Insiden ini terjadi karena kondisi temperatur mesin melebihi batas maksimalnya.
Idealnya, suhu mesin berada di antara 82 derajat celcius hingga 93 derajat celcius. Nah, suhu mobil di atas 100 derajat celcius dipastikan mengalami overheating.
Penyebabnya macam-macam. Bisa karena sistem pendinginan mesin tidak bekerja sempurna atau air radiator sudah habis.
Kalau mobil sudah diminta overhaul atau turun mesin, berarti kerusakannya sudah berat. Istilah itu juga berlaku jika montir mendiagnosis ada kerusakan di gearbox maupun garden.
Overhaul adalah pekerjaan yang membuat montir mesti membelah atau menurunkan mesin untuk mencari tahu kerusakan.
Namun yang perlu diperhatikan soal overhaul ini adalah tidak selalu semua komponen mesin mengalami kerusakan. Jadi Anda perlu menekankan kepada montir, bagian apa saja pada mesin yang harus diperbaiki.
Hal ini penting sebagaimana biaya turun mesin atau overhaul cenderung lebih mahal dan akan tergantung kepada komponen apa saja yang perlu diperbaiki.
Spooring atau wheel alignment mengarah pada perbaikan langsung pada kaki-kaki mobil, dalam hal ini roda
Spooring adalah pekerjaan untuk menyelaraskan lagi sudut roda sesuai spesifikasi pabrikan. Lazimnya, pekerjaan ini sudah dilakukan secara komputerisasi. Pekerjaan spooring ini membantu agar perputaran tapak roda menjadi sempurna lagi sehingga ban tak cepat aus, BBM lebih irit, dan mendeteksi jika ada masalah di kaki-kaki mobil.
Sama seperti spooring, istilah ini juga terkait dengan roda. Nah, balancing ini merupakan pekerjaan untuk menyamakan lagi bobot ban dan pelek.
Jika bobotnya tak seimbang, maka pada kecepatan tertentu bakal membuat kemudi bergetar sehingga mengemudi jauh dari rasa nyaman. Kalau setir sudah bergetar seperti itu, maka segeralah kunjungi bengkel mobil Makassaruntuk melakukan balancing.
Biaya jasa servis yang akan dikenakan oleh setiap merek dan dealer tentunya akan sangat berbeda. Selain itu, model kendaraan juga akan berpengaruh terhadap biaya servis.
Berikut ini rata-rata biaya servis bengkel sesuai dengan jenis bengkelnya.
Tarif perbaikan mobil di bengkel resmi ini bervariatif tergantung jenis kendaraan dan jenis perawatan
Di bengkel resmi berlaku harga sesuai pengkategorian jenis kendaraan dan kilometer yang dikeluarkannya.
Misalnya, jika mobil telah mencapai 10.000 kilometer, estimasi biaya servisnya adalah Rp400.000 hingga Rp600.000. Sementara itu, servis jika mobil telah mencapai 40.000 kilometer, estimasi biayanya mulai dari Rp1 juta sampai Rp1,2 juta.
Untuk servis mobil saat mencapai 80.000 kilometer estimasi biaya servisnya Rp2,6 juta sampai Rp3 juta.
Jika bengkel resmi sesuai kilometer, maka di bengkel umum, harga servis ditentukan oleh hasil diagnosa dari teknisi yang mengerjakan
Harganya pun bisa bervariasi dan biasanya lebih murah, dibandingkan bengkel resmi.
Misalnya untuk biaya tune-up dibanderol dengan harga sebesar Rp350.000. Namun bengkel di wilayah yang sama hanya Rp100.000. Tarif tersebut berlaku untuk kendaraan, khususnya mobil bermesin 1.500 cc atau 2.500 cc untuk merek kendaraan apa saja.
Saat servis mobil terkadang bisa melebihi anggaran yang sudah direncanakan. Biasanya, ada saja komponen yang menurut kita baik-baik saja, ternyata bengkel menyarankan untuk menggantinya. Alhasil, ongkos perbaikan jadi lebih mahal.
Nah, biar kejadian ini tidak terjadi pada Anda, yuk ikuti tips biar servis tetap murah berikut ini.
Perawatan mobil adalah salah satu faktor penting dari sebuah kendaraan karena cara ini mampu memperpanjang usia kendaraan tanpa menyebabkan masalah. Sayangnya, memilih bengkel mobil Makassar ternyata tidak mudah. Apalagi saat ini ada banyak bengkel mobil yang tak sesuai dengan standar.
Untuk itu, Anda wajib memahami cara memilih bengkel mobil Makassar agar tidak terjebak dengan bengkel abal-abal.
Memilih bengkel sesuai lokasi dapat memudahkan Anda saat kendaraan mengalami kerusakan. Bayangkan jika saat mobil Anda mogok, lalu bengkel mobil jauh dari jangkauan? Pasti akan sulit membawanya.
Untuk itu, pastikan saat memilih bengkel mobil Makassar terbaik yang akan jadi langgananmu, lokasinya mudah untuk Anda jangkau, ya!
Selain soal jarak, kualitas teknisi sangatlah penting saat memilih bengkel mobil Makassar terbaik. Teknisi yang baik biasanya bersertifikat dan memiliki pengetahuan yang detail mengenai mobil sehingga Anda tidak akan ragu mempercayakan kendaraan kepada mereka.
Jadi, usahakan Anda memilih bengkel yang sudah memiliki reputasi yang baik. Anda bisa mengetahui ini dengan melihat testimoni soal bengkel di internet, bertanya pada kenalan, atau bergabung di komunitas otomotif
Saat memilih bengkel, memastikan ketersediaan suku cadang juga tidak kalah penting. Kalau mau aman sih, Anda bisa pilih bengkel resmi. Karena ketersediaan suku cadang mereka sudah dijamin lengkap dan original.
Tetapi, Anda juga bisa pilih bengkel umum yang besar dan punya cabang di mana-mana. Biasanya, bengkel jenis inii suku cadang mobil yang lengkap dan berbagai macam pilihannya. Sehingga Anda bisa memilih sendiri suku cadang tersebut sesuai dengan budget yang Anda miliki.
Setiap bengkel dengan teknisi terpercaya tentu mempunyai standar operasional yang jelas. Tidak hanya itu, Quality Control juga memegang peranan krusial terhadap sebuah bengkel mobil yang bagus.
Jika Anda memilih servis di bengkel yang dikerjakan dengan SOP dan QC yang berkualitas tinggi, maka mereka semakin akurat dalam mendiagnosa penyakit mobil yang Anda miliki.
Kalau Anda punya polis asuransi mobil maka tak perlu khawatir saat memilih bengkel mobil Makassar. Cara termudah untuk menentukan bengkel terbaik, tentu dengan memilih rekanan asuransi. Sebab, biasanya perusahaan asuransi memilih bengkel yang dikenal memiliki reputasi yang baik untuk dijadikan rekanan.
Selain itu, saat memilih bengkel rekanan, maka proses perbaikan menjadi lebih mudah karena akan diurus dan ditangani oleh pihak asuransi.